Senin, 30 April 2012

SISTEM PEMERINTAHAN

BAB 2
SISTEM PEMERINTAHAN
    Standar Kompetensi
Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
    Kompetensi Dasar
1.4  Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai Negara.
1.5   Menganalisis Pelaksanaan sistem pemerintahan Negara Indonesia.
1.6   Membandingkan pelaksanaan sistem pemerintahan yang berlaku di Indonesia dengan Negara lain.

A.    Sistem Pemerintahan
1.     Pengertian Sistem
Sistem adalah suatu keseluruhan yang terdiri dari beberapa bagian yang mempunyai hubungan fungsional terhadap keseluruhannya. Hubungan tersebut menimbulkan suatu ketergantungan antar bagian-bagian. Unsur-unsur dalam system meliputi hal-hal berikut
1.Seperangkat komponen , elemen , bagian.
2. Saling berkaitan dan tergantung.
3. Kesatuan yang terintegrasi (terkait dan menyatu)
4. Memiliki peranan dan tujuan.
2.  Pengertian Pemerintah                                
           Pemerintah dapat dibedakan dalam arti luas maupun dalam arti sempit
a.     Pemerintah dalam arti luas adalah suatu pemerintah yang berdaulat sebagai gabungan semua badan atau lembaga kenegaraan yang berkuasa dan memerintah di wilayah suatu Negara, meliputi badan eksekutif, legislatif , dan yudikatif.
b.     Pemerintah dalam arti sempit adalah suatu pemerintah yang berdaulat sebagai badan atau lembaga yang mempunyai wewenang melaksanakan kebijakan Negara (eksekutif) yang terdiri dari presiden, wakil presiden, dan para menteri (kabinet)



3. Pembagian Sistem pemerintahan.
Pada dasarnya system pemerintahan menyangkut bagaimana mengatur bekerjanya komponen-komponen utama dalam suatu Negara, terutama lembaga eksekutif dan legislatif. Secara umum system pemerintahan dibagi menjadi dua macam yaitu :
1. Sistem Pemerintahan Presidensiil
Sistem pemerintahan presidensial adalah system pemerintahan antara eksekutif dan legislatif tidak mempunyai hubungan timbal balik dan eksekutif tidak bertanggungjawab kepada legislatif. Sistem pemerintahan presidensial mempunyai ciri-ciri  sebagai berikut.
1.     Kekuasaan pemerintahan (eksekutif ) terpusat pada satu orang , yaitu presiden artinya presiden berkedudukan selaku kepala Negara dan kepala pemerintahan.
2.     Presiden dibantu menteri-menteri yang diangkat dan bertanggungjawab padanya.
3.     Masa jabatan presiden ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.
4.     Presiden dan para mentri tidak bertanggungjawab kepada parlemen.
5.     Presiden tidak dapat membubarkan Parlemen.
6.     Presiden tidak berada dibawah pengawasan langsung parlemen.
Contoh Penerapan system pemerintahan Presidensiil di Amerika Serikat
                                                i.     Badan  eksekutif terdiri dari presiden beserta menteri-menteri yang merupakan pembantuan.
                                              ii.     Presiden merupakan Chief Executif (kepala eksekutif) dengan masa jabatan selama 4 tahun dan dapat dipilih kembali untuk masa jabatan kedua.
                                             iii.     Presiden sama sekali terpisah dari badan legislatif dan tidak mempengaruhi organisasi dan penyelenggaraan pekerjaan Kongres.
                                             iv.     Presiden tidak dapat membubarkan Kongres dan sebaliknya Kongres juga tidak dapat menjatuhkan Presiden.
                                               v.     Mayoritas Undang-undang disiapkan pemerintah dan diajukan dalam Kongres dengan perantaraan anggota separtai dalam Kongres.
                                             vi.     Presiden memiliki wewenang untuk menjatuhkan veto atas suatu rancangan Undang-undang yang telah diterima baik oleh Kongres, tapi jika rancangan Undang-undang itu diterima 2/3 dalam setiap majelis, maka veto presiden dianggap batal.
                                            vii.     Dalam rangka checks and balances, presiden boleh memilih menterinya sendiri, akan tetapi untuk jabatan Hakim Agung dan Duta Besar harus disetujui senat. Demikian pula untuk setiap perjanjian Internasional yang sudah ditandatangani presiden harus disetujui senat.
Kelebihan dan kelemahan system pemerintahan Presidensiil
Kelebihan dari system pemerintahan Presidensiil adalah sebagai berikut :
a.     Adanya stabilitas pemerintahan, karena tidak dapat dijatuhkan parlemen.
b.     Program pemerintah dapat dilaksanakan dengan baik karena waktunya sudah tertentu tanpa terganggu oleh krisis kabinet. 
c.     Penyalahgunaan pengawasan/control oleh parlemen dapat dihindari, karena masing-masing mempunyai kedudukan yang sejajar.
Kelemahan dari system pemerintahan Presidensiil adalah sebagai berikut :
a.     Karena pemerintah mempunyai kekuasaan yang besar menyebabkan adanya kecenderungan otoriter.
b.     Kurangnya pengawasan/control terhadap pemerintah.

2. Sistem Pemerintahan Parlementer
Sistem pemerintahan Parlementer adalah system pemerintahan antara eksekutif dan legislatif mempunyai hubungan yang bersifat timbal balik dan saling mempengaruhi. Sistem pemerintahan Parlementer mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Kedudukan kepala Negara tidak dapat diganggu gugat.
2.Kabinet yang dipimpin perdana mentri bertanggungjawab kepada Parlemen.
3.Susunan anggota dan program cabinet didasarkan atas suara terbanyak dalam parlemen.
4.Kabinet dapat dijatuhkan atau dibubarkan setiap waktu oleh parlemen.
5.Kedudukan kepala Negara dan kepala pemerintahan tidak terletak dalam satu tangan.
       Contoh Penerapan system pemerintahan Parlementer di Inggris
                                                i.     Kepala Negara dipegang oleh Raja /Ratu yang bersifat simbolis dan tidak dapat diganggu gugat .
                                              ii.     Peraturan perundang-undangan dalam penyelenggaraan Negara lebih banyak bersifat konvensi (peraturan tidak tertulis).
                                             iii.     Kekuasaan pemerintah berada di tangan Perdana Menteri yang memimpin menteri atau sering disebut Cabinet Government (Pemerintahan Kabinet) .Perdana Menteri mempunyai kekuasaan cukup besar ,antara lain memimpin cabinet yang anggotanya telah dipilih sendiri, membimbing Majelis Rendah, menjadi penghubung dengan Raja, memimpin partai mayoritas.
                                             iv.     Kabinet yang tidak memperoleh kepercayaan dari badan legislatif harus segera meletakan jabatan.
                                               v.     Perdana Menteri sewaktu-waktu dapat mengadakan Pemilu sebelum masa jabatan Parlemen yang lamanya lima tahun berahir.
                                             vi.     Hanya ada dua Partai besar (Partai Konservatif dan Partai Buruh) sehingga partai yang memenangkan Pemilu  memperoleh dukungan mayoritas menjadi penguasa, sedangkan yang kalah menjadi oposisi.
Kelebihan dan kelemahan system pemerintahan Parlementer
Kelebihan sistem pemerintahan Parlementer adalah sebagai berikut :
a.     Sistem pengawasan/control terhadap pemerintah dapat dijalankan secara terus menerus ,sehingga mengurangi adanya penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah (Eksekutif)  .
b.      Program pemerintah mencerminkan  aspirasi mayoritas rakyat, karena untuk dapat dilaksanakan dengan baik program tersebut harus sejalan dengan  parlemen.
Kelemahan system pemerintahan Parlementer adalah sebagai berikut :
a.     Pemerintahan tidak stabil /labil karena dapat dijatuhkan setiap saat oleh parlemen.
b.     Program pemerintah tidak dapat dilaksanakan dengan baik, karena waktu yang tidak dapat ditentukan.

 

             
Tugas Siswa 1
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !
                                                              
1.     Jelaskan pengertian pemerintah dalam arti sempit dan pemerintah dalam arti luas !
2.     Sebutkan minimal 4  ciri-ciri system pemerintahan Presidensiil !
3.     Sebutkan minimal 4 ciri-ciri sistem pemerintahan Parlementer !
4.     Jelaskan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan presidensiil !
5.     Sebutkan contoh penerapan sistem pemerintahan presidensiil di Amerika Serikat !
6.     Sebutkan lembaga-lembaga negara menurut UUD 1945 setelah adanya amandemen !
7.     Jelaskan  prinsip-prinsip pemerintahan yang baik !
8.     Jelaskan bentuk-bentuk pemerintahan di dunia menurut teori modern !

Daftar Pustaka
Achmad Syaefudin Kusmin, 2004, Kewarganegaraan SMA ,Depdiknas, Balai Pustaka, Jakarta
Ahmad Roestandi,SH, 1986,  Tata Negara  jilid 2  untuk  SMA, Bandung, CV Armico
Bambang Suteng dkk,2007,Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA kelas X, Jakarta , Penerbit Erlangga
Budianto,Drs.2000, Dasar-Dasar Ilmu Tata Negara untuk SMU kelas 3, Jakarta : Erlangga 
Idrus Affandi, 1994, Tata Negara untuk SMU kelas 3, Jakarta, Depdikbud
Permata ,2009, Pendidikan Kewarganegaraan kelas 3 , Cahaya Pustaka, Solo
Suparlan Al-Hakim,Drs,Msi, 2009, Makalah Kewarganegaraan, P4TK PKn dan IPS  Malang
  


  
.      
Latihan Soal Semester 1

I.   Berilah tanda ( X ) pada huruf a, b, c, d, atau e didepan jawaban yang paling benar pada lembar  jawaban yang tersedia

1.   Kedudukan dan peran utama Pancasila menurut Tap MPR no. XVIII/ MPR/ 1998 adalah….
      a. kepribadian bangsa
      b. sumber hukum
      c. pandangan hidup
      d. dasar negara
      e. cita-cita bangsa
2.   Pancasila merupakan falsafah bangsa yang digali dari nilai-nilai luhur budaya Indonesia sebagai ideologi yang terbuka dan dinamis karena….
a. berlandaskan pada prinsip musyawarah mufakat
b. mengandung nilai-nilai religius
c. dapat berinteraksi dengan dinamika perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat
d. melekat erat dalam kehidupan masyarakat,    bangsa dan Negara Indonesia
e. berisikan perilaku kekeluargaan dan kegotong- royongan
3.   Nilai dasar Pancasila yang universal dan abadi dapat kita temukan dalam….
      a. pembukaan UUD 1945
      b. batang tubuh UUD 1945
      c. penjelasan umum UUD 1945
      d. amandemen UUD 1945
      e. naskah proklamasi kemerdekaan
4.   Nilai Pancasila dapat bersifat imperatif apabila berkedudukan sebagai….
      a. pandangan hidup
      b. perjanjian luhur
      c. dasar Negara
      d. jiwa dan kepribadian bangsa
      e. tujuan
5.   Pancasila sebagai paradigma pembangunan politik mengharuskan setiap warga Negara ditempatkan sebagai….
      a. obyek politik
      b. subyek politik
      c. penyalur aspirasi politik
      d. anggota organisasi politik
      e. sasaran politik
6.   Pokok pikiran kedua dalam pembukaan UUD 1945 yang selaras dengan rumusan tujuan Negara serta pembangunan nasional adalah….
      a. melindungi segenap bangsa Indonesia
      b. memajukan kesejahteraan umum
      c. mencerdaskan kehidupan bangsa
      d. melaksanakan ketertiban dunia
      e. melindungi seluruh tumpah darah Indonesia
7.   Setelah UUD 1945 mengalami amandemen yang keempat  kalinya maka anggota MPR terdiri atas….
      a. seluruh anggota DPR ditambah DPD
      b. seluruh anggota DPR ditambah utusan daerah
      c. seluruh anggota DPR ditambah utusan daerah dan wakil golongan
      d. anggota DPR, DPD, DPRD provinsi, DPRD   Kabupaten/ kota
      e. anggota DPR, DPRD provinsi, DPRD
          Kabupaten/ kota
8.   Pancasila merupakan ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. Dalam hal ini Pancasila memiliki arti sebagai….
      a. dasar Negara
      b. pandangan hidup
      c. sumber hukum dasar
      d. kepribadian bangsa
      e. tujuan yang ingin dicapai
9.   Nilai-nilai yang dimiliki oleh ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah….
      a. dasar dan prakarsa
      b. dasar dan instrumental
      c. hakiki dan praksis
      d. dasar instrumental dan praksis
      e. dasar, hakiki, dan praksis
10. Rumusan dasar Negara Pancasila yang sah dan benar secara Yuridis Konstitusional adalah rumusan yang tercantum dalam….
      a. Pembukaan UUD 1945
      b. Piagam Jakarta
      c. Tap MPR No. III/ MPR/ 2000
      d. Tap MPRS No. XX/MPRS/ 1996
      e. Inpres No.13 tahun 1968
11. Pancasila dapat menjadi alat pemersatu bangsa Indonesia yang beraneka ragam baik suku,budaya, adat istiadat, agama, karena Pancasila…
      a. menjadi penentu keberhasilan pembangunan    yang kita laksanakan
      b. sebagai filter terhadap masuknya kebudayaan    asing di Indonesia
      c. menangkal segala ancaman yang datang dari    dalam dan dari luar
      d. menyamakan pandangan tentang cita-cita bersama diatas keanekaragaman
      e.sebagai penyaring masuknya kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia
12. Keyakinan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa dalam ajaran Pancasila diamalkan sesuai dengan…
      a. nilai-nilai instrumental
      b. penilaian kita masing-masing
      c. hukum dan UUD 1945
      d. nilai-nilai dalam masyarakat
      e. agama  dan  kepercayaan  masing-masing
13. Rumusan Pancalisa yang dipergunakan hingga sekarang adalah yang ditetapkan pada tanggal….
      a. 17 Agustus 1945 d. 18 Agustus 1945
      b. 22 Juni 1945        e. 1 Juni 1945
      c. 27 Desember 1945
14. Memaksakan pendirian diri sendiri kepada orang lain tidak sesuai dengan sila-sila Pancasila terutama sila….
      a. Ketuhanan Yang Maha Esa
      b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
      c. Persatuan Indonesia
      d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam  permusyawaratan / perwakilan
      e.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
15. Pancasila sering dikatakan sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia, yang artinya Pancasila merupakan….
      a. pedoman tingkah laku bagi setiap warga Negara dalam berbangsa dan bernegara
      b. nilai-nilai   luhur yang berperan sebagai pengatur tingkah laku pribadi dalam mencapai tujuan
      c. jatidiri bangsa yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain di dunia
      d. rumusan   cita-cita   yang  ingin diwujudkan  sebagai hasil kesepakatan bersama wakil-wakil rakyat
      e.pedoman dasar untuk penyelenggaraan Negara
16. Dibawah ini yang bukan termasuk unsur-unsur ideologi adalah….
      a. tatanan yang hendak dituju oleh suatu kelompok
      b. mempunyai sanksi yang memaksa
      c. pedoman tentang cara hidup
      d. dipegang teguh oleh kelompok yang
    meyakininya
      e. seperangkat gagasan yang disusun secara   sistematika
17. Usaha mengamalkan sila keempat Pancasila dalam lingkungan sekolah dapat diwujudkan dalam bentuk….
      a. belajar tekun untuk mencapai nilai yang tinggi
      b. memanfaatkan waktu kosong untuk membaca    buku di perpustakaan
      c. belajar  bersama  untuk  mencapai prestasi yang  lebih baik
      d. berdiskusi antar teman agar dapat berpikir   secara kritis dan demokratis
      e. latihan berbaris untuk mempertebal semangat   kebangsaan
18. Dibawah ini merupakan wujud sikap positif terhadap Nilai Kemanusiaan yaitu….
      a. membela kebenaran dan keadilan
      b. menghormati pendapat orang lain
      c. menciptakan persatuan dan kesatuan
      d. menghapus kesenjangan sosial
      e. meningkatkan kesejahteraan dan keadilan
19. Semangat dan isi Sumpah pemuda sebenarnya meletakkan dasar pengamalan Pancasila, sila….
      a. Ketuhanan Yang Maha Esa
      b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
      c. Persatuan Indonesia
      d. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam   permusyawaratan / perwakilan
      e.Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
20. Nilai Pancasila yang bersifat tetap dan tidak dapat diubah disebut….
      a .nilai instrumental    d. nilai praktis
      b. nilai dasar              e.nilai operasional
      c. nilai praksis
21. Salah satu kelebihan sistem pemerintahan parlementer adalah….
      a. perdana menteri dapat mengganti menteri tanpa
          mengindahkan presiden
      b. banyak dipraktekkan di Negara maju
      c. pemerintah sering berganti-ganti akibat mosi  tidak percaya dari parlemen
      d. kontrol terhadap eksekutif dapat dilakukan   secara efektif oleh prlemen
      e. kekuasaan kepala Negara bersifat mutlak
22. Semua dinamika ketatanegaraan RI  berlangsung, yang tidak pernah mengalami perubahan adalah….
      a. lembaga Negara
      b. sistem demokrasi
      c. bentuk negara             
d. bentuk pemerintahan
e. sistem pemerintahan
23. Bentuk pemerintahan yang kekuasaan negaranya dipegang satu orang dan lebih mengutamakan kepentingan penguasa sendiri disebut….
      a. monarki                       d. tirani
      b. anarki                          e. diktator
      c. oligarki
24. Dalam UUD 1945 masih memperhatikan ajaran Trias Politika tetapi dalam pengertian….
      a. pelimpahan kekuasaan
      b. pemerataan kekuasaan
      c. penggabungan kekuasaan
      d. pembagian kekuasaan
      e. pemisahan kekuasaan
25. Pada masa berlakunya UUD S 1950, bentuk Negara Indonesia adalah….
      a. serikat                         d. republik
      b. kesatuan                      e. monarki
      c. federasi
26. Dalam demokrasi parrmenter, kabinet bertanggung jawab kepada….
      a. MPR                            d. MA
      b. DPR                            e. Presiden
      c. Perdana menteri



27. Suatu kabinet yang dibentuk tanpa terikat pada konstelasi kekuatan politik dalam badan legislatif disebut….
      a. Presidensial                 d. Demokrasi
      b. Parlementer                 e.Ministerial                 c. Ekstra Parlementer
28. Amandemen pertama terhadap UUD 1945 ditujukan untuk mengurangi kewenangan presiden yaitu….
      a.DPR mengalami kesulitan mengadakan  pengawasan terhadap kerja presiden
      b. cenderung kurang kerjasama dengan lembaga-    lembaga Negara lain
c.MPR tidak dapat mengevaluasi kinerja presiden    dengan efektif
d. pertanggungjawaban presiden sulit dipelajari    oleh lembaga Negara lain
e.adanya dominasi kekuasaan eksekutif yang    mengarah pada otoriter
29. Dengan adanya maklumat pemerintah tanggal 14 November 945 mengakibatkan perubahan sistem pemerintahan Indonesia dari….
      a. kabinet    partai    menjadi  kabinet nasional
      b. kabinet parlementer menjadi kabinet
    presidensial
      c. kabinet presidensial  menjadi kabinet partai
      d. kabinet koalisi menjadi kabinet parlementer
      e. kabinet presidensial  menjadi kabinet
    parlementer
30. Dalam sistem pemerintahan presidensial, presiden hanya mungkin diberhentikan ditengah masa jabatannya jika terbukti melanggar….
      a. janji kampanye             d. konstitusi
      b. tidak disukai rakyat       e. kesusilaan
      c. kenerjanya jelek
31. Menurut Polybios pemerintahan senantiasa terjadi siklus perubahan bentuk pemerintahan Aristokrasi bergeser menjadi….
      a. monarki                       d. demokrasi
      b. okhlolerasi                   e.oligarki
      c. tirani
32. Lembaga perwakilan rakyat yang berasal dari utusan Negara bagian pada masa Republik Indonesia Serikat 1949 adalah….
      a. DPR                            d. KNIP
      b. Konstituante                 e. PPKI
      c. Senat
33. Bentuk Negara yang kita kenal dewasa ini hakikatnya ada dua yaitu….
      a. Republik dan Monarki
      b. Demokrasi dan Tirani
      c. Kesatuan dan Serikat
      d. Presidensiil dan Parlementer
      e. Negara mandat dan Uni
34. Pemerintah dalam arti sempit adalah….
      a. Dewan Perwakilan Daerah
      b. Dewan Perwakilan Rakyat
      c. Presiden
      d. Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
      e. MPR dan DPR
35. Kegagalan dalam melakukan percobaan demokrasi parlementer pada masa berlakunya UUD S 1950 disebabkan oleh….
      a. sistem multi partai  sehingga tidak ada partai  yang mendapatkan suara mayoritas
      b.demokrasi parlementer yang didasarkan pada falsafah individualisme tidak cocok dengan  kepribadian bangsa
c. tidak adanya kedewasaan politik para pelaku    politik
d. kualitas sumber daya manusia para pemimpin  masih belum siap dengan sistem parlementer
e. partai-partai politik justru memperkuat
 perbedaan (polarisasi) dikalangan masyarakat
36. Menurut sistem pemerintahan Amerika Serikat, presiden mempunyai kekuasaan
      a. sebagai kepala eksekutif dan legislatif
      b.sebagai  kepala   eksekutif  yang menunjuk  perdana menteri
      c.kepala Negara dan kepala pemerintahan
      d. kepala Negara federal
      e. kepala pemerintahan
37. Negara Indonesia ialah Negara kesatuan yang berbentuk Republik. Hal ini dinyatakan dalam….
      a. pasal 1 ayat (1) UUD 1945
      b. pasal 1 ayat (2) UUD 1945
      c. pasal 2 ayat (1) UUD 1945
      d. pasal 2 ayat (2) UUD 1945
      e. pasal 4 ayat (1) UUD 1945
38. Dibawah ini yang bukan merupakan lembaga Negara dalam sistem politik setelah amandemen UUD 1945 adalah….
      a. DPA                
      b. MPR                
c. DPR
d. Makhamah konstitusi
e. DPD
39. Sistem perwakilan pada Negara serikat/ federasi pada umumnya adalah….
      a. monokameral               d. multikameral
      b. unikameral                   e. trikameral
      c. bikameral
40. Dibawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial….
      a. presiden memegang kekuasaan eksekutuf
      b. presiden tidak dapat dijatuhkan oleh parlemen
      c. menteri-menteri bertanggungjawab kepada    parlemen
      d. presiden tidak bertanggungjawab kepada     parlemen
      e. presiden dipilih langsung oleh rakyat




II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar !

1.   Pancasila diterima dan disahkan oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI)   pada tanggal 18 Agustus 1945.   Jelaskan Fungsi Pokok Pancasila !
2.   Menurut pandangan Dr.Alfian, kekuatan suatu ideologi tergantung pada tiga dimensi.  Jelaskan bahwa nilai-nilai  Pancasila mengandung tiga dimensi !
3.   Dalam sistem pemerintahan parlementer, posisi kepala negara dan kepala pemerintahan diduduki oleh dua figur yang berbeda. Jelaskan kelebihan dan kelemahan sistem pemerintahan parlementer !
4. Menurut teori klasik, bentuk pemerintahan dapat dibedakan atas sejumlah orang yang memerintah dan sifat pemerintahan.  Buatlah bagan bentuk pemerintahan menurut Polybios dan berilah keterangan seperlunya !
5.   Amandemen UUD 1945 tidak mengubah sistem pemerintahan akan tetapi telah mengubah struktur ketatanegaraan Indonesia. Jelaskan lembaga-lembaga Negara yang ada pada masa UUD 1945 sebelum reformasi dan setelah reformasi !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar